Saturday, April 9, 2011

Movie Review : "?" (Tanda Tanya)


Cast : Revalina S. Temat, Reza Rahardian, Rio Dewanto, Endhita, Agus Kuncoro, Hengky Soelaiman

Storyline : Menuk dan Soleh (diperankan Revalina & Reza Rahardian) adalah suami-istri muslim, Rika (Endhita) seorang janda yang berpindah agama dari Islam ke Katolik, dan Ping Hen (Rio Dewanto) serta ayahnya Tan Kat Sun (Hengky Soelaiman) yang keturunan Tiong Hoa. Saya akan ceritakan pelan-pelan. Menuk, istri Soleh, bekerja di restoran chinese milik Tan Kat Sun. Seperti restoran chinese pada umumnya, maka mereka juga menjual masakan dengan olahan daging babi. Namun Tan Kat Sun sendiri termasuk orang yang cukup bertoleransi. Dia memisah segala peralatan masak yang akan digunakan untuk mengolah daging babi dengan daging lainnya. Saleh, suami Menuk, sebenarnya malu pada istrinya karena dia tidak bekerja bahkan Saleh sempat meminta dicerai oleh Menuk. Menuk terpukul, Rika sahabatnya membantu menenangkan. Rika sendiri setelah bercerai dari suaminya, ia tinggal bersama anaknya, Abi. Rika memutuskan pindah keyakinan, sementara anaknya tetap sebagai muslim. Selama proses belajar untuk kepercayaan barunya, Rika beberapa kali “tersandung”. Abi menganggap dia berubah hingga orang tuanya seolah tidak menerimanya. Namun Rika juga punya teman bernama Surya (Agus Kuncoro), seorang aktor kurang terkenal beragama muslim. Dari Rika, Surya mendapat tawaran bermain dalam tablo Jumat Agung sebagai Yesus. Pergolakan batin Surya terjadi. Di sisi lain, Hendra atau Ping Hen anak Tan Kat Sun awalnya tidak peduli dengan usaha restoran milik ayahnya. Kerjanya hanya keluyuran. Sikap yang sangat bertolak belakang dengan ayahnya ditunjukkan saat Ping Hen mulai belajar mengelola bisnis ayahnya. Namun satu momen merubah sifatnya. Apakah momen tersebut? Dan bagaimana tokoh-tokoh hidup berdampingan dengan segala macam perbedaan antara satu sama lain? Apakah Saleh akhirnya bisa dianggap berharga? Bagaimana Menuk harus menghadapi masalah keluarga dan di tempatnya kerja? Apakah Rika berhasil keluar dari masalahnya? Dan bagaimana pergolakan batin Surya saat ia harus memerankan tokoh seorang Katolik padahal dia Muslim? Semua tanda tanya tadi, bisa ditemukan jawabannya dalam film TANDA TANYA “?”.

Review : two thumbs up! Standing ovation! Sejauh ini, inilah film Indonesia terbaik di tahun 2011!! Well, masih ada 8 bulan untuk tahun 2011, apakah ada film lain yang bisa sama mengesankannya dengan film ini, ya itu kita liat nanti. Tapi film ini benar-benar mengesankan saya. Menurut saya, tidak ada agama ataupun ras yang disudutkan. Semuanya adil. Saya pribadi sempat bingung dengan fokus dari film ini. Karena bisa dibilang, tidak ada 1 pemeran utama, tapi langsung 6 pemain utama dengan masing-masing konfliknya. Satu hal yang harus diingat, bagi siapapun yang akan nonton film ini, please jangan terlalu fanatik dengan kepercayaan masing-masing. Karena biar gimana pun, Indonesia kan multikultur. Beragam banget! Film ini cukup menggambarkan keadaan Indonesia. Diantara permasalahan antar agama, tapi banyak juga kok yang bisa hidup akur diantara perbedaan. Masih banyak yang bisa hidup bertoleransi. Film ini perlu banget ditonton!! Salut untuk Hanung Bramantyo dan crews. Akting para pemainnya juga bisa dibilang memuaskan. Semoga saya berhasil membuat anda yang membaca review saya ini jadi penasaran dan segera menuju bioskop! Hehehehee. Selamat nonton!! Rates : 9 of 10 stars!

****

I'm not an expert on movie, so my notes is just an opinion from an ordinary audience of a movie.
EVERY PERSON HAS THEIR OWN TASTE. So please people, saya harap kalian, setelah baca review saya, tidak malah membatalkan rencana nonton kalian. Review saya ini pure opini saya pribadi.

-dimas daniel-

No comments:

Post a Comment